Pendahuluan

knepbalihome
Konferensi Nasional Engineering Perhotelan V – 2014

“INOVASI TEKNOLOGI HIJAU (GREEN TECHNOLOGY) UNTUK PERKEMBANGAN PARIWISATA”

Pendahuluan

Industri pariwisata Indonesia merupakan salah satu penggerak perekonomian nasional yang potensial untuk mengerakkan pertumbuhan perekonomian yang lebih baik. Devisa dari pariwisata merupakan kontributor terbesar ketiga devisa negara, setelah minyak dan gas bumi serta minyak kelapa sawit. Jasa perhotelan sebagai penunjang industri pariwisata pertumbuhannya sangat pesat seiring dengan perkembangan pariwisata.

Teknologi hijau (green technology) adalah aplikasi pengetahuan, metode/teknik, material untuk menghasilkan produk yang ramah terhadap lingkungan. Teknologi hijau meliputi efisiensi energi & sumber daya, bahan bakar ramah lingkungan, daur ulang, keamanan (safety), sumber energi terbarukan, perhatian pada kesehatan dan produk tidak beracun; dan bidang-bidang lain yang sangat luas yang bermuara pada pengurangan polusi dan emisi terhadap lingkungan. Mengingat pentingnya kontribusi terhadap ekonomi nasional, sektor industri pariwisata merupakan faktor penggerak yang sangat menjanjikan bagi aplikasi teknologi hijau dalam rangka transisi menuju pertumbuhan ekonomi yang lebih hijau.

Dalam konteks perhotelan, green technology memiliki peluang yang sangat luas untuk dikembangkan. Aplikasi green technology dalam engineering perhotelan bisa meliputi penggunaan energi dan daya, misalnya bahan bakar dan pembakaran untuk boiler, distribusi air panas dan dingin, sistem pencahayaan, refrigerasi dan air conditioning; sistem elektrikal, wiring dan sistem keamanan dalam kaitan dengan peralatan elektrikal yang digunakan dalam industri perhotelan; prosedur maintenance bangunan, kolam renang, sistem utilitas dan aspek keamanan-keselamatan; sistem pembuangan dan dampak lingkungan penggunaan energi, dan sebagainya.

Sistem energi baru dan terbarukan dan pengembangan model pemanfaatan energi terbarukan dalam dunia perhotelan menjadi kajian yang cukup serius untuk mendapatkan efisiensi penggunaan energi. Aplikasi metode penggunaan energi, audit dan manajemen energi, metode-metode optimasi penggunaan energi pengenalan material-material penunjang penghematan energi merupakan tema yang perlu diperkenalkan dan dipopulerkan oleh praktisi engineering perhotelan maupun oleh peneliti/akademisi secara bersama-sama dalam kaitannya dengan green technology maupun dalam riset-pengembangan bidang Teknik Mesin yang lebih luas.

KNEP V – 2014 diselenggarakan sebagai forum untuk mendiskusikan dan mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian terkini engineering dalam konteks perhotelan dan secara khusus diharapkan dalam topik yang spesifik mengarah pada green technology; serta topik-topik lain dalam lingkup Teknik Mesin. Konferensi ini diselenggarakan dalam rangkaian kegiatan BKFT ke  49 dan Dies Natalis ke 52 Universitas Udayana.

Peserta

KNEP V – 2014 menerima partisipasi peserta dari berbagai kalangan:

  1. Dosen dan peneliti di bidang engineering perhotelan, bidang ilmu Teknik Mesin, bidang ilmu Teknik Elektro dan bidang ilmu Teknik Sipil, MIFA, Pariwisata dari seluruh PTN dan PTS di Indonesia.
  2. Dosen dan peneliti yang berkaitan dengan aplikasi green technology.
  3. Praktisi perhotelan di Indonesia.
  4. Instansi pemerintah.
  5. Konsultan dan kontraktor.
  6. Mahasiswa, dan lain-lain.